Menyingkat URL Melalui Ponsel

bit.lyKamu pasti mengenal bit.ly bukan, sebuah situs yang menyediakan sarana untuk memperpendek sebuah alamat atau link. Hampir mirip dengan layanan yang ada di tinyurl.com. Apabila ingin kamu menyingkat sebuah halaman dari ponsel maka berikut ini ada tipsnya.

Bukalah terlebih dahulu halaman yang ingin diperpendek dengan OperaMini atau browser ponsel. Kemudian bookmark halaman tersebut. Apabila menggunakan Operamini tekan * dan angka 7. Saat dibookmark maka akan ada alamat situs tersebut. Kopi dengan menggunakan fitur kopi paste ponsel.

bit.lySetelah selesai buka bit.ly versi ponsel di http://m.bit.ly. Pastekan alamat tadi ke dalam kolom yang tersedia dan klik Shorten. Alamat pendek menuju alamat yang tadi kamu masukkan akan tertampil.

Fitur ini sangat bermanfaat apabila kamu ingin menulis sebuah link di halaman cetak, misalnya artikel di koran atau yang diprint di kertas. Dengan memperpendek halaman maka pembaca akan lebih mudah untuk menuju alamat link panjang tersebut.

Kelebihan apabila kamu mendaftar di layanan bit.ly adalah history alamat yang sudah dipendekkan bisa dilihat kembali. Sayangnya tidak bisa mendaftar lewat versi mobile. Jika kamu ingin mendaftar maka harus membuka versi webnya.